Bedah Buku “Memorizing Like an Elephant” di Perpustakaan Kementerian Perdagangan

29 Maret 2018, Perpustakaan Kementerian Perdagangan mengadakan kegiatan bedah buku. Tujuan kegiatan bedah buku adalah untuk meningkatkan promosi perpustakaan agar para pengunjung dapat lebih tertarik dan giat ke perpustakaan untuk memanfaatkan koleksi yang ada sebagai bahan pendukung kerja sehari – hari.

Buku yang dibedah berjudul “Memorizing Like an Elephant #4: For Professionals” yang ditulis oleh Yudi Lesmana seorang master dalam bidang memorizing. Dipilihnya buku ini adalah untuk melatih daya ingat, fokus, dan kreatifitas para peserta.

Di awal acara, Yudi Lesmana memutarkan video perkenalan tentang Indonesia Memory Sport, asosiasi yang beliau dirikan, tempat belajar untuk mengasah memori. Selanjutnya, beliau memberikan simulasi tentang cara mengingat angka, gambar, wajah, dan nama.

Cara untuk mengingat menggunakan metode chain, substitution, association, location, dan imagination. Hal yang paling penting dalam mengingat yaitu perhatian (attention) terhadap apa yang ingin diingat. Rumus long term memory yaitu dengan mengingatnya pada hari ini, 3 hari lagi, seminggu kemudian, sebulan kemudian, dan 3 bulan kemudian.

Yudi Lesmana lebih banyak mengajak para peserta untuk langsung praktek mengingat angka, dan berbagai games lainnya dengan tips dan trik yang diberikan.

Acara berlangsung dengan seru dan sangat terasa antusiasme dari para peserta.

Di akhir acara, juga diberikan kuis dan beberapa peserta mendapat hadiah berupa voucher untuk mengikuti pelatihan Memori di IMSC

Posted in Kegiatan Perpustakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *